3July, 2014
Penulis : Administrator
Kategori : Nasional
Dilihat : 22
Raker DPRD dan Kominfo, bahas sejumlah program

Palopo- Komisi II DPRD Palopo Kota Palopo menggelar rapat kerja dengan jajaran Dinas Kominfo Palopo, jumat (1/3/2019).  Rapat yang dipimpin oleh Wakil ketua Komis III DPRD Palopo H.HendriGalib tersebut membahas sejumlah program dan rencana kerja dinas Kominfo pada tahun 2019.  Dalam pertemuan sekitar 1,5 jam tersebut, H.Henry Galib yang didampingi oleh anggota komisi II menaruh harap agar Dinas Kominfo Palopo mampu berada pada garda terdepan dalam pelaksanaan dan penerapan program smart city  di Kota Palopo yang memang menjadi dambaan bersama. 

Menurut legislator asal partai Demokrat  itu, perkembangan teknologi informatika saat ini sangat membutuhkan dan menuntut peran maupun fungsi jajaran Dinas Kominfo Palopo untuk memberi kemudahan, efektifitas dan efesiensi pelayanan publik dan pembangunan kepada masyarakat. Dirinya mencontohkan sejumlah kabupaten/ kota yang telah menerapkan program yang serupa dapat ditiru oleh Dinas kominfo Palopo. “ Baru-baru ini kami ke Kota Tangerang, Provinsi Banten, disana pengembangan pelayanan publik berbasis IT sangat pantas dijadikan rujukan bagi pelaksanaan smart city di Kota Palopo “ tandasnya seraya memberi semangat jajaran Kominfo agar dengan potensi yang dimiliki saat ini dapat melakukan hal serupa pada masa mendatang.  H. Henry Galib yang kini kembali maju sebagai caleg pada dapil II tersebut mengaku siap mendukung langkah dan upaya Dinas Kominfo Palopo untuk mewujudkan secara perlahan sejumlah program kerjanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Palopo Baso Akhmad, SH dalam rapat kerja itu menuturkan bahwa meskipun keberadaan dinas yang dipimpinnya masih berusia 2 ( dua ) tahun, namun jajarannya terus melakukan upaya pengembangan sejumlah aplikasi atau pun sistem secara mandiri. Ia mencontohkan bahwa aplikasi e-musrenbang, e budgeting dan absensi online yang saat ini diimplementasikan di lingkup Pemkot Palopo adalah merupakan aplikasi yang dibangun oleh tim IT yang dipimpinnya.  “ Yang membanggakan bahwa tim IT kami sebanyak 14 orang itu adalah putera daerah yang potensi skillnya cukup mumpuni “  ujarnya yang saat itu didampingi oleh Sekdis, para kabid , kepala seksi dan kasubag lingkup Dinas Kominfo Palopo.

Berkaitan dengan pengembangan sejumlah program seperti Call Centre dan Command Centre, mantan Kabag Humas Setda Palopo tersebut menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan studi tiru di Bandung untuk dijadikan sebagai salah satu rujukan dalam pengusulan program tersebut kedepan. “ Semoga kedepan perangkat semacam itu dapat kita wujudkan, tentunya dengan dukungan dari berbagai pihak, khususnya pihak legislatif “ ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa selain pengembangan program IT, jajarannya juga melakukan penguatan program diseminasi informasi penyelanggaraan pembangunan dan kegiatan pemerintah lingkup Kota Palopo yang juga perlu mendapat support.   ( red)