3July, 2014
Penulis : Administrator
Kategori : Palopo
Dilihat : 22
Purangi ditunjuk sebagai kawasan hortikultura

Palopo-  Perkembangan pembangunan program pertanian menjadi perhatian serius kepala Dinas pertanian Provinsi Sulawesi Selatan Ir.Hj.Fitiriani, MP. Menurutnya untuk lebih meningkatkan laju perkembangan pertanian di Kota Palopo maka pihaknya akan segera menetapkan kelurahan purangi-Kec.Sendana-Kota Palopo sebagai kawasan hortikultura terpadu. Penegasan itu disampaikannya saat melakukan kunjungan dan tatap muka dengan pengurus kelompok tani Mandiri dan kelompok Berkah Hamparan di kelurahan Purangi, Kota Palopo, rabu(25/7/2018).

Menurutnya meskipun lahan pertanian di Kota Palopo tidak seluas dengan area pertanian di daerah lainnya di Sulawesi Selatan, namun kuantitas produksi pertanian Palopo telah terbukti dapat dirasakan oleh daerah lainnya di SulSel, utamanya di Kota Makassar. “ Inspeksi saya disejumlah pasar di makassar, tak jarang pedagang menjajakan hasil pertanian para petani Kota Palopo “ ujarnya sambil menyarankan agar kedepan para petani Palopo dapat difasilitasi untuk memasarkan produksi pertaniannya di supermarket. 

“ Palopo ini hebat dan patut disyukuri karena telah diberi anugerah yang luar biasa oleh Allah SWT, sebab tanahnya subur serta didukung oleh musim yang menguntungkan petani  sehingga hampir semua jenis tanaman dan ternak dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah ini, karena itu saya tunjuk kelurahan Purangi sebagai kawasan hortikultura terpadu di Kota Palopo dan kedepan akan kita akan lakukan perencanaan secara matang agar program tersebut berjalan dengan baik.

Ia menilai bahwa komunikasi dan koordinasi yang dibangun oleh jajaran Dinas Pertanian Kota Palopo dengan Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Selatan sangatlah bagus, sehingga sejumlah pelaksanaan program pembangunan pertanian dengan mudah disinergikan. “ saya berharap koordinasi itu dipermantap seterusnya “ ujar kadi pertanian saat bertandang ke Kantor Dinas Pertanian, rabu sore.  Dalam kunjungannya tersebut, ia juga sekaligus untuk memastikan apakah sejumlah bantuan alat mesin pertanian telah disalurkan. Setelah mengecek sejumlah bantuan yang telah disalurkan, ia pun menjanjikan bahwa kedepan akan membantu Kota Palopo dalam hal pengadaan alat mesin pertanian.  ( red_Diskominfo Palopo )