3July, 2014
Penulis : Administrator
Kategori : Palopo
Dilihat : 22
Seminar antar bangsa, ajang kerjasama Indonesia-Malaysia

Palopo - Hubungan antara Indonesia dan Malaysia beberapa kali mengalami pasang surut. Sebagai dua negara bertetangga, bahkan sering disebut negara serumpun, potensi kerjasama maupun potensi konflik antar dua negara tersebut besar. Banyaknya investor-investor dari Malaysia yang berinvestasi di Indonesia.  Hal tersebut tentu sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Hingga saat ini telah terbangun kerjasama yang baik dalam bidang pendidikan dan kebudayaan serta rutin mengadakan pertukaran pelajar setiap tahunnya.

Dean of Faculty of Humanities, Arts and Heritage University Malaysia Sabah (UMS), Prof. Dr. Ismail Ibrahim mengungkapkan hal itu saat hadir seminar antar bangsa yang digelar oleh Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Tana Luwu di Auditorium Phinisi IAIN Kota Palopo, rabu (01/08/2018). Dia menjelaskan bahwa kerjasama Indonesia-Malaysia khususnya dalam bidang pendidikan diharapkan dapat membawa dampak yang lebih baik dan saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

Kerjasama tersebut hendaknya memperhatikan prinsip kesetaraan, resiprositas serta kebijakan masing-masing untuk menghasilkan manfaat bagi kedua belah pihak. "Keharmonisan hubungan kerjasama ini mengingatkan saya dengan novel tenggelamnya kapal van der wijck, satunya dari Minangkabau Melayu dan satunya lagi dari daratan Makassar. Saya sedikit mengingat cerita tersebut saat pertamakali datang ke Palopo dan mendengar gaya bahasanya yang tak jauh beda dengan khas Kota Makassar" ujar pria berambut putih tersebut. Lebih lanjut dia menjelaskan, kerjasama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan antara Indonesia dan Malaysia dilakukan karena titian dari keduanya merupakan point penting untuk menjaga hubungan baik kedua negara.

Usai menghadiri seminar antar bangsa, rombongan dari Malaysia diterima langsung oleh Pj.Wali Kota Palopo, Andi Arwien Azis, S.STP di rumah jabatan Saokotae, selasa(2/8/2018). Dialam kesempatan itu, Wali Kota Palopo memperkenalkan sejumlah potensi Kota Palopo yang dapat dikerjasamakan dengan Universitas Sabah Malaysia (Faisal Ibrahim_red_Diskominfo Palopo )