3July, 2014
Pemkot Palopo Gelar Musrenbang
Penulis : Administrator
Kategori : Nasional
Dilihat : 22

Palopo- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018 tingkat Kota Palopo dilaksanakan di Saodenrae Convention Centre (SCC), rabu (15/3/2017).Kegiatan Musrenbang dibuka secara resmi Gubernur Sulawesi Selatan yang pada kesempatan itu diwakili oleh kepala BPBD provinsi Sulawesi Selatan, Drs. H. Syamsibar, MH yang dalam sambutannya menekankan agar kiranya program usulan Musrenbang dimasing-masing kabupaten/kota dapat disinergikan dengan program unggulan dan visi pembangunan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Sedangkan Walikota Palopo H.M.Judas Amir, MH menyampaikan bahwa semua skala prioritas pembangunan yang menjadi usulan masyarakat , akan diupayakan untuk diwujudkan secara bertahap.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kota Palopo Firmansyah DP melaporkan bahwa Musrenbang di 48 kelurahan, terdapat kurang lebih 1.256 usulan yang terdiri dari usulan program fisik 1.001 dan non fisik 255. “ Forum ini merupakan pembahasan usulan-usulan yang masuk, juga merupakan sarana dan fasilitas untuk melakukan koordinasi antara Kecamatan dengan SKPD yang bersangkutan khususnya untuk melakukan singkronisasi terhadap usulan-usulan kegiatan setiap kecamatan. Usulan kecamatan akan dikelompokkan dan disesuaikan dengan jenis kegiatan SKPD yang berwenang untuk mengakomodir usulan tersebut. Pada tahap ini SKPD akan melakukan verifikasi terhadap usulan kecamatan sebelum dituangkan dalam daftar usulan kegiatan SKPD, sehingga program usulan kegiatan yang telah lolos pada tahap verifikasi akan dituangkan dalam Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat daerah (Renja-SKPD) “ ungkap Firmansyah.

Pembukaan Musrenbang tingkat Kota Palopo ditandai dengan pemukulan gong oleh Ka.BPBD Sulawesi Selatan yang didampingi oleh Walikota Palopo, Ketua DPRD Palopo Harisal Latief, Kasdim 1403 Sawerigading, anggota DPRD Sulawesi Selatan, Irwan Hamid. (Faisal Ibrahim /Yulianti )