Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dalam rangka peringatan ke-76 HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,  berlangsung  di Taman Makam Pahlawan (TMP) Palopo, Senin , 17 Agustus 2021. Tepat pukul 00.00 Wita.

Kepala Kejari Kota Palopo, Agus Riyanto, SH, selaku Inspektur Upacara pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci tersebut, dihadiri Walikota Palopo, Drs. H.M. Judas Amir, MH., unsur Forkopimda, dan pimpinan perangkat daerah lainnya serta jajaran TNI - Polri.

Dalam pembacaan Apel kehormatan dan renungan suci, Irup menyatakan hormat yang sebesar besarnya atas kesetiaan dan kesucian pengorbanan sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar besarnya, atas keihklasan dan kesucian pengorbanan saudara saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian Terhadap perjuangan demi kebahagiaan Negara dan bangsa.”

"Para pahlawan kusuma bangsa di TMP Palopo yakni TNI 384 orang, Polri berjumlah 31 orang, Pegawai Sipil berjumlah 21 orang, dan Pejuang Rakyat 200 orang, serta Pahlawan tak dikenal,  semoga Allah memberikan rahmah-Nya kepada mereka semua" yang dituturkan dalam doa kepada para Pahlawan Kusuma Bangsa. (r, Riska/tia/Nunu/Asraf_Diskominfo Palopo).