PALOPO –  Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. Firmanza DP.,S.H.,M.Si, Mewakili Wali Kota Palopo, Drs. H.M Judas Amir. MH, menghadiri Sosialisasi Pengawasan Netralitas Aparatur Sipil Negara, TNI, Polri yang diadakan  oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kota Palopo di Hotel Palopo Beach. Jumat (26/08/2022).

Ketua panitia pelaksana, Moh. Maulana Noor., S.E, menyampaikan peserta kegiatan ini sebanyak 50 orang dan berlangsung selama 1 hari, tujuan kegiatan ini , adalah sosialisasi netralitas ASN, TNI, dan POLRI pada Pemilu tahun 2024 ini, dalam rangka menjaga netralitas ASN, TNI, dan POLRI di Kota Palopo, selama pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024. Netral sendiri diartikan tidak berpihak, tidak ikut atau tidak membantu salah satu pihak.

BAWASLU komitmen mewujudkan pengawasan partisipastif untuk penyelenggaraan pemilu yang jujur, adil dan transparan. Mensosialisasikan aksi tolak politik uang, tolak politisasi SARA, ujaran kebencian, dan berita hoaks, kepada semua kalangan terkhusus kepada ASN, TNI, dan POLRI, mencegah ASN, TNI, dan POLRI.

Ketua Bawaslu Kota Palopo, DR.Asbudi Dwi Saputra, S.H.,M.KN, dalam sambutannya menyampaikan, tidak terasa tahapan pemilu sudah akan dimulai, dan kita berupaya untuk bagaimana mencegah pelanggaran.

"Kami mengirimkan surat himbauan kepada ASN,TNI dan Polri, dan juga Kita melakukan Pengawasan Untuk Potensi Kegiatan Pelanggaran dan juga Penyengatan" jelasnya.

Lanjutnya "Harapan kita untuk sama-sama ikut serta untuk menyukseskan kegiatan pemilihan Tahun kedepan dan Lewat Himbauan Untuk menghindari kecurangan yang ada dan kita harus tetap berkomitmen untuk pemilihan kedepannya."

Sementara itu, Drs. Firmanza D.P.,S.H.,M.Si, menyampaikan belum lama berselang, kita peringati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, yang Ke-77, 17 Agustus 2022 Ini, tema yang diangkat adalah "Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" maka seyogyanya tekad dan semangat yang terkandung di dalam tema ini dapat memberi nuansa yang kental dalam niat. dan implementasinya.

Sosialisasi yang kita laksanakan pada kesempatan ini, pada pokoknya bertujuan antara lain guna mewujudkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan di kalangan apararur negara, meningkatnya pemahaman dan wawasan tentang hak dan kewajiban politik bagi aparatur negara dan untuk mewujudkan praktek demokrasi yang semakin berkualitas (Cerdas, Akuntabel, Adil, Aspiratif Dan Partisipatif)

" Sehubungan dengan hal tersebut saya berharap upaya yang dilakukan oleh bawaslu kota palopo saat ini dapat menguatkan peran dan tanggung jawab,sinergitas,kolaborasi dan kebersamaan dalam mewujudkan praktek demokrasi yang jauh lebih berkualitas itu (cerdas, akuntabel, adil, aspiratif dan partisipatif)." Ujarnya.

"Saya sangat mengapresiasi sebagaimana yang disampaikan Bawaslu Kota Palopo Apabila ada hal-hal yang terjadi maka perlu kita lakukan dulu pencegahan" tandasnya.

Pada Kesempatan tersebut, Amrayadi SH.MH. Anggota Kordinator Devisi Pengawasan  Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, menyatakan, "Menyingung Kembali Penyampaian Dari Bawaslu Kota Palopo Tentang mari kita sama-sama berkolaborasi untuk menciptakan demokrasi tercipta yang aman dan damai"

Turut hadir, dari  Polres Palopo, Kodim 1403/ Palopo, Anggota Polri, TNI, dan ASN, serta undangan lainnya. (Nunu/Riska-kominfo).