PALOPO - Wali Kota Palopo, Drs. H. M. Judas Amir, MH, menghadiri kegiatan Pameran Foto, Diskusi,  Apresiasi Seni Budaya, dengan tema Citra Kota  Tribute To Onggip dalam rangka , menyambut hari jadi Ke 20, Kota Palopo,  oleh Palopo Urban Forum, di Kopi Ruko Tua Kota Palopo, 02/07/2022.

Judas Amir mengatakan, kegiatan  budaya  yang di selenggarakan saat ini, begitu penting, guna mengoptimalkan kecintaan masyarakat, generasi muda dalam kehidupan bermasyarakat, berkebangsaan yang luhur, berlandaskan nilai-nilai budaya yang ada di daerah kita, Kota Palopo.

“Kegiatan budaya yang saat ini kita Ikuti bersama, dalam rangka menyambut hari Jadi ke- 20 Kota Palopo. Dan sesi khusus adalah ‘Tribute to Onggip,’ atau Penghargaan Kepada Sosok Onggip yang memotret sejarah  Kota Palopo di masa lalu, dan tentunya menjadi bahan dokumentasi yang penting bagi pemerintah, dan masyarakat Kota Palopo.” Jelasnya.

Lanjutnya, “Kepada masyarakat, pelaku, pegiat seni, dapat mengambil teladan, untuk pelestarian, dan pengembangan budaya kita , khususnya budaya Kota Palopo. Saya juga berharap dengan kegiatan ini, dapat lebih memperkokoh rasa persaudaraan, dan kebangsaan diantara kita semua.
"Budaya itu berbeda dengan adat tidak ada persamaan, saya mengajak kepada semua masyarakat agar kita ini mau berbuat seperti apa yang dilakukan mendiang Onggip" Ujar Walikota Palopo.

Laporan ketua panitia kegiatan, Citra Kota Palopo , memberi penjelasan bahwa Kota Palopo, sebagai kota yang berkembang sejak awal 1600-an, telah mengalami beberapa lapis priodesasi yang penting untuk direkam, sayangnya narasi tentang budaya, citra kota dan perkembangan Palopo sangat minim didapatkan. literatur yang ada hanya merekam awal kemerdekaan. yang hanya merekam situasi perang mempertahankan kemerdekaan.

Beruntung Kota Palopo, memiliki Dji Wang Gip atau Mahsyur, yang  dikenal sebagai Onggip, Lahir Pada 17 Oktober Tahun 1939, tokoh berketurunan Tionghoa ini ,adalah fotografer yang  mungkin satu-satunya di Kota Palopo saat itu, merekam banyak citra kota, utamanya terkait bangunan , aktifitas warga, wajah-wajah tokoh penting, dan orang-orang biasa, yang bermukim di palopo priode orde lama hingga Orde Baru.

Selain itu foto-foto onggip, bisa dikategorikan sebagai foto sejarah karena mendokumentasikan peristiwa penting pada zaman dulu, foto-foto ini bisa dilihat utamanya pada foto-foto Operasi Militer, yang dikenal sebagai Operasi Tumpas DI/TII, dan foto-foto Kampanye Pemilu 1971.

Turut Hadir, Asisten Administrasi Umum, dr. Ishak Iskandar, M.Kes,  Hariandi Hafid, dan Burhaman, S.S, M.A ( Dosen Pendidikan Sejarah UPRI Makassar) sebagai narasumber,  para peserta, dan undangan lainnya. (r/Riska-kominfo).