Loading...
  • Jl. Andi Mas Jaya, Kec. Wara
  • 0471-32011436
  • info@diskominfo.palopokota.go.id

Sekda Buka Sosialisasi SIPADA dan Open Bidding Palopo

Administrator Jumat, 13 Agustus 2021 211 Berita

PALOPO - Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH.,M.Si mewakili Walikota Palopo membuka secara resmi Sosialisasi Rancangan Aksi Perubahan Penggunaan Aplikasi SIPADA (Sistem Informasi Pengelolaan Barang Milik Daerah) dan Sosialisasi Tata Cara Pelaksanaan Pelelangan Umum Secara Terbuka/Online (open bidding) Peralatan dan Mesin (kendaraan dinas) milik Pemerintah Kota Palopo.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Bappeda Kota Palopo, Senin 09 Agustus 2021.

Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH.,M.Si menyampaikan bahwa aset ini merupakan soal yang sangat penting karena aset ini barang milik daerah yang diperuntukkan bagaimana pelayanan kepada masyarakat maupun dapat mendatangkan PAD sehingga nantinya ada nilai tambah.

Aset ini juga salah satu fokus dari pada semua aparat pemeriksa fokusnya semua itu adalah aset kita juga telah menelusuri mana yang seharusnya aset milik pemerintah kemudian tidak di fungsikan dengan baik ataupun juga karena penguasaan orang lain.

Aset yang kemungkinan besar yang sudah tidak diperlukan lagi ataupun dalam keadaan rusak tapi masih memiliki keadaan ekonomi ini juga perlu kita uangkan jika memang bisa di lelang sehingga dapat menambah pendapatan asli daerah.

Kemudian yang berkaitan dengan lelang ini ada kurang lebih 14 roda empat dan 24 kendaraan roda dua yang kemudian bisa dilakukan pemindahan tangan dalam bentuk penjualan melalui lelang.

Dan KPKNL selaku aparat yang diberikan tugas oleh negara yang diserahi tugas oleh negara untuk melakukan pelelangan telah ada dan juga kepada yang telah mengusulkan barang milik daerah yang ada di unit kerjanya masing-masing juga sudah ada sehingga nantinya dapat saling berdiskusi terkait hal tersebut.

Sekda juga berharap aplikasi sipada ini dapat kita sukseskan, dipedomani sehingga nantinya aset daerah kita dapat terbaca dengan jelas.

Karena BPK salah satu memberikan opini banyak yang terhambat karena masalah tidak bisanya kita mengelola aset dengan baik sehingga berharap dengan adanya Sipada dapat membuat pengelolaan aset kita lebih baik kedepan.

Sementara itu, Kepala BPKAD Irfan Dahri menyampaikan terkait dengan Sipada ini dalam beberapa tahun mungkin pengawasan terhadap barang milik daerah berupa kendaraan dinas ini menjadi salah satu hal penting oleh inspektorat.

Diharapkan dalam aplikasi ini dapat membantu dalam pengelolaan aset sehingga pengelolaan aset kita kedepan dapat lebih baik lagi. (r_kominfo)