PALOPO – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo, Ilham Hamid, SE, MM, mewakili Wali Kota menghadiri Seminar Nasional Moderasi Beragama, yang diselenggarakan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, di Auditorium SaokotaE, Jumat 26 Agustus 2022

Ketua Panitia Muh. Khairul Anwar menyampaikan bahwa Indonesia banyak suku , ras budaya dan agama, maka perbedaan itu menjadi rahmat, dan esensi dari agama adalah kemanusiaan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo, Ilham Hamid, SE, MM, menyampaikan, dengan kekayaan budaya, dan keragaman agama di daerah, membuat negara kita ibarat permata, yang indah dipandang. Namun di tengah-tengah keindahanya, bila saja tidak di lestarikan, kekayaan budaya, dan nilai keragaman agama  dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara.

Bila tidak disikapi dengan baik,  dapat memicu Konflik, yang berakibat    terganggunya  stabilitas keamanan  dan kerukunan umat beragama di suatu wilayah, terjadinya ketidak harmonisan, di tengah-tengah masyarakat, banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah menerima informasi yang tidak jelas, dan cepat mengambil tindakan yang merugikan semua pihak.

“Bila tidak disikapi dengan baik,   dapat memicu Konflik, yang berakibat    terganggunya  stabilitas keamanan  dan kerukunan umat beragama di suatu wilayah, terjadinya ketidak harmonisan, di tengah-tengah masyarakat,” Jelasnya.

Adapun pemateri dari Kemenag Palopo, Drs. Jufri MA, dari Kepolisian, yakni Dr. H.Saparillah, M.Si.

Hadir jajaran mahasiswa Islam Indonesia dan elemen pengurus  berbagai agama yang ada di Kota Palopo, serta tamu undangan lainnya. (Riska/Tia-kominfo).