Loading...
  • Jl. Andi Mas Jaya, Kec. Wara
  • 0471-32011436
  • info@diskominfo.palopokota.go.id

UT-Pemkot Sinergi Gagas Peningkatan SDM ASN

Administrator Kamis, 27 Mei 2021 250 Berita

PALOPO - Direktur Universitas Terbuka (UT) melakukan audiensi dengan Walikota Palopo terkait Kolaborasi antara Pemerintah Kota Palopo dengan UT dalam rangka Kemajuan Pendidikan khususnya di Kota Palopo yang dilaksanakan di Ruang Kerja Walikota Palopo, Senin 24 Mei 2021.

Direktur UT Drs. Hasanuddin, M.Si menyampaikan bahwa di Kota Palopo sudah banyak mahasiswa yang melakukan perkuliahan dan UT berkontribusi melakukan pendidikan jarak jauh. ”Karena, siapa saja yang ingin meningkatkan kualifikasi dirinya dapat kuliah di UT dan tentu dengan biaya yang terjangkau,” katanya.

Menurutnya, UT telah bersinergi dengan banyak perguruan tinggi. Jadi, jika dalam suatu perguruan tinggi ada yang sulit menyelenggarakan satu mata kuliah tertentu yang tidak dapat mendatangkan dosen dapat mengambil mata kuliah di UT.

Caranya, dengan mendaftar sebagai mahasiswa tapi hanya mengambil mata kuliah tersebut dengan menggunakan sistem jarak jauh dan dengan biaya yang terjangkau karena sistem belajar jarak jauh itu bisa belajar kapan saja dan dimana saja.

Mahasiswa UT sekarang pun bukan lagi didominasi oleh guru-guru tapi sudah banyak kaum milenial. Dan, lanjutnya, mahasiswa di UT mulai pendaftaran sampai dengan wisuda pun dapat dilakukan secara online.

UT juga memiliki misi pendidikan untuk semua dan sudah kewajiban bersama untuk menyebarluaskan informasi terkait UT.

Kemajuan pendidikan di Kota Palopo banyak hal yang dapat diinformasikan karena masih banyak masyarakat yang belum memahami secara baik terkait UT.

”Untuk itu, melalui pertemuan ini, kita dapat melakukan hal-hal yang terbaik khususnya bagi bangsa dan negara,” katanya.

Wali Kota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH menyampaikan, tentu ini peluang yang sangat baik untuk kemajuan pendidikan khususnya di Kota Palopo dan dapat terbantu dengan program yang diselenggarakan oleh UT.

Hal yang telah disampaikan terkait program di kampus UT nanti akan dirancang terlebih dahulu kemudian didiskusikan dan akan dilaporkan seperti apa nantinya.

Salah satu hal yang belum banyak orang paham, contohnya bagi masyarakat yang berijazah S1 misalnya dan bukan perguruan tinggi keguruan dapat melalui UT ada pendidikan dengan peraturan yang berlaku bisa ikut pendidikan dan diberikan gelar S1 pendidikan dan dapat menjadi ASN tenaga guru.

Pertemuan itu dilanjutkan penyerahan cinderamata dari Direktur Universitas Terbuka kepada Wali Kota Palopo dan dari Wali Kota Palopo kepada Direktur Universitas Terbuka.

Turut hadir mendampingi Walikota Palopo Kadis Pendidikan Kota Palopo Drs. Syahruddin, M.Pd, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Palopo Wahyudin M, S.AN. (red)