Loading...
  • Jl. Andi Mas Jaya, Kec. Wara
  • 0471-32011436
  • info@diskominfo.palopokota.go.id

Zakat Mal Untuk Pemberdayaan Ekonomi Produktif

Administrator Selasa, 13 Juli 2021 247 Berita

PALOPO - Walikota Palopo Drs. H. Muh. Judas Amir, MH menghadiri Pendistribusian Zakat Mal untuk Pemberdayaan Ekonomi Produktif kepada Mustahik/Penerima Zakat dari Wilayah Kecamatan Wara Selatan, Bara, Wara Utara, Wara Barat, Wara, Wara Timur dan Mungkajang. Yang diselenggarakan di Kantor BAZNAS Kota Palopo. Selasa, 06/07/2021.

Ketua BAZNAS Kota Palopo Drs. H. Muchtar Basir, MM dalam laporannya mengatakan  "Insyaa Allah pada hari ini BAZNAS akan mendistribusikan zakat untuk program pemberdayaan ekonomi masyarakat. BAZNAS ada 5 program utama yaitu Palopo taqwa,  untuk peningkatan pemahaman agama. Palopo cerdas, untuk membantu siswa/mahasiswa untuk melanjutkan studi. Palopo sejahtera untuk meningkatan Ekonomi masyarakat. Palopo peduli contohnya untuk membantu korban bencana. Program advokasi dan dakwah, yaitu BAZNAS melakukan safari Jumat dan safari Ramadhan yang lalu". Ujarnya.

Hari ini ada 54 orang Mustahik dengan jumlah anggaran Rp.165.800.000-, Mustahik ini diseleksi berdasarkan proposal yang masuk kemudian semua yang mengusung ini syarat administrasi nya harus terpenuhi diantaranya ada surat pernyataan dari kelurahan untuk bukti usaha yang kekurangan modal untuk di bantu.Kemudian ada surat dari kelurahan tidak mampu. Dan surat pernyataan tidak mendapatkan BLT dari pemerintah. Juga wawancara untuk penguatan data.

Basnas pada periode ini yaitu 2017-2022 dan untuk 2017-2021 ini telah memberikan bantuan sebesar Rp 1.328.075.000-, anggaran disalurkan dan diterima 300 pelaku usaha kecil.
BAZNAS sangat berharap dengan  kehadiran walikota dapat memberikan nasehat-nasehat kepada kita semua.

Dalam sambutannya, Walikota Palopo Drs. H. Muh. Judas Amir, MH menyampaikan bahwa, "Kalau kita tidaK bisa membayar zakat terutama zakat mal, maka kita akan mendapat zakat mal itu sendiri dari pengurus yang telah ditunjuk oleh pemerintah sesuai dengan aturan dari agama kita dan ini yang terjadi sekarang". Jelasnya

Adapun Harapan walikota Terutama yang mendapatkan zakat "sekarang ini kita bekerja sambil berdoa mudah-mudahan kehadiran kita disini tahun depan usaha kita sudah berjalan dengan baik dan kita juga sudah mempunyai kemampuan untuk membayar zakat mal kedepannya". Sambungnya.

Diakhir sambutannya, walikota juga mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pimpinan Bank Syariah, dari BPJS ketenagakerjaan,  dan para penerima manfaat/Mustahik. (Anti_kominfoplp)